Syahrul Yasin Limpo Dituntut 12 Tahun Penjara dalam Kasus Pemerasan di Kementerian Pertanian


 Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dituntut hukuman penjara 12 tahun dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan atas kasus pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Syahrul menerima total Rp44,2 miliar dan US$30 ribu (sekitar Rp490 juta) dari pegawai kementerian selama masa jabatannya.

Jaksa KPK Meyer Simanjuntak, saat membacakan amar tuntutan pidana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (28/06), menyatakan, "Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Syahrul Yasin Limpo berupa pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dan pidana denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan." Syahrul dinilai tidak jujur dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan selama persidangan. Selain itu, tindakannya mencederai kepercayaan masyarakat dan dilakukan dengan motif tamak. Namun, faktor yang meringankan hukuman Syahrul adalah usianya yang sudah lanjut, yaitu 69 tahun.

Syahrul Yasin Limpo diyakini melanggar Pasal 12 e juncto Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP, juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. Dalam sidang tuntutan, jaksa juga menuntut agar Syahrul membayar uang pengganti sebesar Rp44,2 miliar dan US$30 ribu, jumlah yang diterimanya selama menjabat.

Uang puluhan miliar yang diterima Syahrul disebut jaksa digunakan untuk kepentingan pribadi dan keluarganya. Beberapa di antaranya digunakan untuk kado undangan, kegiatan Partai Nasdem, acara keagamaan, charter pesawat, bantuan bencana alam, keperluan ke luar negeri, umrah, hingga kurban.

Kasus ini menunjukkan betapa pentingnya integritas dan transparansi dalam pemerintahan, serta memberikan pelajaran berharga tentang dampak negatif dari korupsi terhadap kepercayaan publik dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat menantikan hasil akhir persidangan ini dan berharap hukum dapat ditegakkan dengan adil.

Share
Like this article? Invite your friends to read :D
Post a Comment