Billboard Ads

PPP-PSI Gagal, PDI-P Raih Suara Terbanyak Pemilu Legislatif 2024

 


Pada rekapitulasi suara yang telah disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berhasil meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024. Dengan total suara mencapai 25.387.279, PDI-P memperkuat posisinya sebagai salah satu kekuatan politik utama di Indonesia.

Hasil ini menunjukkan dominasi yang berkelanjutan bagi PDI-P dalam konteks pemilihan umum legislatif, dengan memenangkan suara terbanyak dalam tiga pemilu terakhir, yaitu pada tahun 2014, 2019, dan kini pada tahun 2024.

Meskipun demikian, persaingan ketat terjadi di antara partai-partai politik lainnya. Partai Golkar, sebagai salah satu partai dengan sejarah panjang dalam politik Indonesia, berada di peringkat kedua dengan meraih 23.208.654 suara, diikuti oleh Partai Gerindra yang menduduki posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 20.071.708.

Selain itu, hasil pemilu juga menggambarkan dinamika politik yang terjadi di level nasional. Beberapa partai politik, seperti Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN), berhasil melampaui ambang batas parlemen sebesar 4%, sementara beberapa partai lainnya belum mencapai ambang batas tersebut.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang selama ini merupakan salah satu kekuatan politik signifikan, tercatat belum mencapai ambang batas parlemen dengan hanya meraih 5.878.777 suara, sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memperoleh 4.260.169 suara.

Dengan demikian, hasil rekapitulasi suara Pileg 2024 menampilkan beragam gambaran mengenai preferensi politik masyarakat Indonesia. Suara-suara ini akan menjadi dasar bagi pembentukan wakil rakyat di tingkat legislatif, serta memberikan indikasi awal bagi dinamika politik yang akan terjadi dalam jangka waktu mendatang.

Read Also
Share
Like this article? Invite your friends to read :D